Pendidikan Islam Dizaman Rasulullah hingga Sekarang


Sejak Nabi Muhammad diangkat sebagai Rasul sebagai tanda datangnya Islam sampai sekarang telah berjalan sekitar 14 Abad Lamanya. Pendidikan Islam memang berkembang sejalan dengan kemunculan Islam itu sendiri , atau setelah diutus nabi Muhammad sebagai Rasul. Nabi adalah anggota bani Hasyim. Tahun kelahirannya dinamakan Tahun Gajah. Karena pada waktu itu pasukan Abraha, Gubernur Kerajaan Habsyi (Ethiopia ) dengan menunggang Gajah Menyerbu Makkah Untuk Menghancurkan Ka’bah.
Pendidikan Islam dilakukan setelah mendapat firman Allah, yang dijelaskan dalam surat Al – Mudasir ayat 1 – 7 menyeru yang berarti mengajak , atau mendidik. Pada masa ini pendidikan Islam diartikan pembudayaan ajaran Islam yaitu memasukkan Ajaran – Ajaran Islam dan menjadikannya unsure budaya.

MASA PENDIDIKAN ISLAM ( KHULAFAUR RASIDIN )
Setelah Rasul Wafat , peradaban Islam memberi contoh bagaimana mengendalikan Negara dengan bijaksana . Kebijaksanaan ini adalah politik yang mengandung hikmat, bergerak , berpikir, bertindak, berlaku dan berbuat atau Tehnik Strategi.
Pada Masa Khalifah Umar Bin Khattab, situasi politik dalam keadaan Stabil, dengan meluasnya wilayah Islam sampai keluar Jazirah Arab, Begitu juga pada masa Khalifah Ustman Bin Affan masih Stabil, dan begitu juga seterusnya pada sahabat – sahabat yang lain.

MASA KEJAYAAN PENDIDIKAN ISLAM ( UMAYAH DAN ABBASIYAH)
Dengan Berakhirnya Khulafaurrasidin mulailah kekuasaan Bani Umayah. Selama pemerintahan Muawiyah, daerah kekuasaan Islam meluas sampai ke Lahore si Pakistan. Masa kejayaan ini ditandai dengan berkembangnya kebudayaan islam secara mandiri, dengan berkembang luasnya lembaga pendidikan Islam seperti Madrasah, Universitas Islam.

MASA KEMUNDURAN PENDIDIKAN ISLAM.
Pendidikan Islam Terus Menurun setelah Abad 13 M dan terus melemah sampai abad 18 M dan beberapa sebab kemunduran Islam antara lain :
  1. Telah berkelebihan filsafat Islam ( yang bercorak sufistis ) dimasukkan oleh Al Ghazali dalam alam Islam dan dan berkelebihan pula Ibn Rusyd dalam memasukkan filsafat Islamnya.
  2. Para Khalifah, Sultan, Amir , dan umat Islam melalaikan Ilmu Pengetahuan dan kebudayaan Islam .
  3. banyak terjadi pemberontakan dan serangan dari luar sehingga menyebabkan kehancuran. Dan mengakibatkan berhentinya kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan.

PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM
Jika Sebelumnya Barat dianggap lemah dan kafir dihadapan Islam . namun Akhirnya Umat Islam sangat menghargai dan menjalin kerjasama untuk mengejar ketinggalan Islam dengan kemajuan barat, dengan cara ini akhirnya pendidikan Islam bangkit kembali dengan berdirinya Madrasah bahkan akhirnya sampai ke Indonesia.

Contoh Surat Peringatan Kepada Siswa


                                                                                   Pasir Agung, …………………….2009
Nomor             : Mi.04.5/PP.004/      /2009                Kepada Yth.
Lampiran         : -                                                        Bapak /Ibu/Wali dari ………………..
Hal                  : Surat Teguran ke …..                    Di Tempat

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.
Dengan Hormat.
Dengan ini kami sampaikan kepada Bapak/Ibu/Wali dari:

Nama            :………………………………………………………..
Kelas            :………………………………………………………..

Bahwa anak tersebut telah melanggar tata-tertib sekolah dengan pelanggaran tidak mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) pada Mata Pelajaran  ………………………………….. Oleh karena itu agar kiranya Bapak/Ibu mengawasi tugas belajarnya dirumah.
Demikian surat ini kami sampaikan, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.


Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran
                                                                                               …………………………………

Nizar Rofiki, S.Ag                                                               
Nip.197203152000031005                                                    Nip.

Tujuan Pembelajaran dan Butir - Butir Soal


                                              TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan diberikannya pelajaran tentang bacaan Al qomariah diharapkan siswa kelas VII SMP dapat menyebutkan contoh bacaan Al qomariah dengan baik dan benar.
Contoh soal :
Yang termasuk bacaan al qomariah adalah …………..
a. الحمد                             b. ان                                c. ارايت                               d. اكبر
jawab : A

2.      Jika diberikan pelajaran tentang Alif lam syamsiyah, diharapkan siswa mampu menyebutkan contoh Alif lam syamsiyah dengan benar.
Contoh Soal :
السلا م Alif lam disamping adalah bacaan …………..
a. Alif lam qomariyah                                           b. Alif lam Syamsiyah      
c. Alif lam juhuriyah                                             c. Alif lam Dhuhuriyah
Jawab : B

3.      Jika Dijelaskan tentang pengertian Alif lam syamsiyah siswa diharapkan mampu menjelaskan definisi Alif lam syamsiyah dengan benar.
Contoh Soal:
Apabila huruf Alif lam bertemu dengan huruf Qomariyah disebut………
a. Alif lam qomariyah                                           b. Alif lam Syamsiyah      
c. Alif lam juhuriyah                                             c. Alif lam Dhuhuriyah
jawab : A

4.      Jika diberikan pelajaran tentang Alif lam Qomariyah diharapkan siswa mampu menyebutkan huruf qomariyah dengan benar
Contoh Soal:
Contoh Huruf qomariyah adalah…..
a. س                                                                       b. ش
c. ك                                                                        d. ص
Jawab : C

5.      Dengan diberikannya pelajaran tentang bacaan Alif lam diharapkan siswa mampu membedakan Alif lam syamsiyah dan Alif lam qomariyah dengan baik dan benar.
Contoh Soal :
Pada bacaan Alif lam Syamsiyah huruf Lam tidak dibaca. Sedangkan pada Aliflam qomariyah harus dibaca ……..
a. Samar                                                                b. Dengung
c. tebal                                                                   d. jelas
Jawab : D

6.      Jika diberikan pelajaran tentang sifat – sifat Allah diharapkan siswa dapat menyebutkan sifat – sifat Allah dengan benar.
Contoh Soal:
Diantara sifat – sifat Allah adalah :
a. Ilham                                                                 b. Al karim
c. Sama’                                                                d. Irhas
Jawab : C

7.      Jika diberikan pelajaran tentang sifat – sifat Allah diharapkan siswa dapat memahami arti dari sifat – sifat Allah dengan baik.
Contoh Soal:
Sama’ artinya………
a. Maha Mendengar                                              b. Maha Kaya
c. Maha pengampun                                              d. maha Penyayang
jawab: A

8.      Jika diberikan pelajaran tentang Sifat – sifat Allah diharapkan siswa dapat menyebutkan Ayat Al Qur’an tentang sifat wajib bagi Allah dengan benar.
Contoh Soal:
 Ayat yang bergaris bawah artinya adalah………..
a. penyayang                                                         b. Pengasih
c. mendengar                                                         d. berkuasa
Jawab : D

9.      Jika diberikan pelajaran Asmaul Husna tentang Al Wahab siswa dapat menjelaskan artinya dengan baik dan benar.
Contoh Soal:
Al Wahab Artinya………
a. Maha perkasa                                                    b. maha Pemberi
c. maha Penyayang                                               d. Maha berdiri sendiri
Jawab : B

10.  Jika dijelaskan tentang Asmaul Husna diharapkan siswa dapat menyebutkan arti ayat Alqur’an tentang Asmaul Husna dengan benar.
Contoh Soal :
Ayat yang bergaris bawah artinya
a.       Ajaklah mereka kejalan yang benar
b.      Panggiah yang baik sesuai dengan namanya.
c.       Bermohonlah kepadanya dengan asmaul husna.
d.      Mintalah kepada Allah dengan benar.
Jawab : C

11.  Dengan diberikannya pelajaran tentang Asmaul Husna, diharapkan siswa dapat menyebutkan Asmaul husna dengan benar.
Contoh Soal :
Yang termasuk Asmaul Husna adalah………..
a.       Arrohman
b.      Al ma’un
c.       An nasr
d.      Al kautsar
Jawab : A

12.  Dengan diberikannya pelajaran tentang Asmaul Husna, diharapkan siswa dapat mengetahui jumlah nama – nama Allah dengan benar.
Contoh Soal :
Jumlah Asmaul Husna ada…
a. 90                                                                      b. 89
c. 99                                                                      d. 100
jawab : C

13.  Dengan diberikannya pelajaran tentang Asmaul husna diharapkan siswa dapat menyebutkan dan memahami arti dari Asmaul husna dengan benar.
Contoh Soal:
Arrohim Artinya ……….
a. maha pengasih                                                   b. maha sempurna
c. maha pemberi                                                    d. maha penyayang
jawab : D

14.  Jika diberikan pelajaran tentang sabar diharapkan siswa dapat memahami tentang sabar dengan baik.
Contoh Soal :
Jika kita mendapat musibah hendaknya kita bersikap ………..
a. Sabar                                                                 b. Dengki
c. iri                                                                       d. Zalim
jawab : A

15.  Dengan diberikannya pelajaran tentang sabar diharapkan siswa dapat menyebutkan pengertian sabar dengan benar.
Contoh Soal :
Sabar Artinya……..
a. mencemooh orang lain                                      b. Tabah menghadapi cobaan
c. bersikap tenang                                                 d. Sopan terhadap sesame
jawab : B

16.  Dengan diberikannya pelajaran tentang sabar diharapkan siswa dapat mengaplikasikan sikap sabar dalam kepribadiannya dengan baik.
Contoh Soal:
Jika ada teman yang mengejek sebaiknya kita…………
a. balas mengejek                                                  b. Menghajarnya
c. bersabar                                                             d. Meninjunya
Jawab C

17.  Dengan diberikannya pelajaran tentang sikap taat diharapkan siswa dapat memahami arti taat dengan benar.
Contoh Soal :
Dirumah kita harus taat kepada ………….
a. Adik                                                                  b. Tetangga
c. Orang tua                                                          d. Pembantu
Jawab : C

18.  Dengan diberikannya pelajaran tentang Tawadhu diharapkan siswa dapat menjelaskan dan memahami arti tawadhu dengan baik dan benar.
Contoh Soal:
Sikap tawadhu sebaiknya kita lakukan di……
a. Manapun kita berada                                         b. Rumah
c. Sekolah                                                              d. Jalan
jawab : A

19.  Jika diberikan pelajaran tentang taharah diharapkan siswa dapat menjelaskan arti taharah dengan benar.
Contoh Soal :
Taharah artinya……..
a.       menyucikan diri dari hadats
b.      menyucikan diri dari najis
c.       menyucikan diri sebelum sholat
d.      Menyucikan diri dari hadas dan najis
Jawab : D

20.  Jika diberikan pelajaran tentang taharah, diharapkan siswa dapat mengaplikasikan taharah dengan baik dan benar.
Contoh Soal :
Dengan Taharah diri kita akan terhindar dari ……..
a. Penyakit dan perbuatan yang tidak baik           b. pencurian
c. Perbuatan baik                                                   d. Teman baik
Jawab : A
                                                                             
21.  Jika diberikan pelajaran tentang wudhu diharapkan siswa dapat menjelaskan pengertian Wudhu dengan benar.
Contoh Soal :
Mencuci Muka, Kedua tangan, dan rambut dan kedua kaki , termasuk bagian dari rukun ………..
a. Shalat                                                                b. haji
c. Puasa                                                                 d. Wudhu
Jawab D

22.  Dengan diberikannya pelajaran tentang Wudhu, diharapkan siswa dapat memahami tata cara wudhu dengan baik dan benar.
Contoh Soal :
Dalam berwudhu setelah mencuci muka maka selanjutnya adalah mengusap …………..dengan air suci.
a. Kedua telinga                                                    b. Kedua Tangan
c. Kedua kaki                                                        d. Rambut
Jawab : B

23.  Jika diberikan pelajaran tentang shalat diharapkan siswa dapat menyebutkan shalat wajib dengan benar.
Contoh Soal :
Shalat wajib ada 5 diantaranya…..
a. Shalat Witir                                                       b. Shalat Tahajjud
c. Shalat Tarawih                                                  d. Shalat Shubuh
Jawab : D

24.  Jika diberikan pelajaran tentang shalat, diharapkan siswa dapat menjelaskan dan memahami pengertian Shalat dengan baik dan benar.
Contoh Soal :
Sholat adalah Suatu bentuk Ibadah yang harus dikerjakan oleh setiap …………..
a. Orang Muslim                                                   b. Wanita
c. Pria                                                                    d. Anak anak
Jawab : A

25.  Jika diberikan pelajaran tentang Sholat diharapkan siswa dapat menjelaskan rukun sholat dengan benar.
Contoh Soal :
Sholat dikatakan selesai jika sudah diakhiri dengan mengucap ………..
a. iqomah                                                               b. Azan
c. Salam                                                                 d. Takbir
Jawab : C

26.  Dengan diberikan pelajaran tentang sholat diharapkan siswa dapat menyebutkan syarat sah wajib shalat dengan benar.
Contoh Soal :
Diantara Syarat sah wajib shalat adalah………..
a. Anak anak                                                         b. Baligh
c. Gila                                                                    d. Mencapai Nisab
Jawab : B

27.  Dengan diberikannya pelajaran tentang Tayamum diharapkan siswa dapat menjelaskan pengertian tayamum dengan benar.
Contoh Soal:
Tayamum Diperbolehkan jika :
a. Ada air                                                              b. sedang bepergian
c. sedang mandi                                                    d. tidak ada air
Jawab : D

28.  Dengan diberikannya pelajaran tayamum diharapkan siswa dapat menjelaskan sebab – sebab tayamum dengan benar
Contoh Soal :
Jika seseorang sedang sakit dan tidak boleh terkena air, maka sebagai pengganti wudhu ia diperbolehkan………..
a. Bertayamum                                                      b. berwudhu
c. Bertasbih                                                           d. Sholat
Jawab : A

29.  Jika Diberikan Pelajaran tentang ketentuan shalat wajib diharapkan siswa dapat menyebutkan 13 rukun shalat dengan tertib dan benar.
Contoh soal :
Dibawah ini yang bukan termasuk rukun shalat adalah ……….
a. Takbiratul Ihram                                                b. Sujud
c. Membaca Ayat pendek setelah Fatihah            d. Mengucap salam
Jawab : C

30.  Dengan diberikannya pelajaran tentang Pengertian shalat berjamaah diharapkan siswa dapat menjelaskan pengertian makmum masbuk dengan benar.
Contoh Soal :
Jika seseorang tertinggal rakaat dalam shalat berjamaah maka ia disebut makmum……..
a. Muwafiq                                                            b. Masbuq
c. Shalat                                                                d. Berjamaah
Jawab : B

Lihat Juga Soal Ujian MTK SMA/ MA

MANUSIA MAKHLUK PALING MULIA DAN BERDERAJAT PALING TINGGI


Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling Indah dan paling tinggi derajatnya. Manusia diciptakan untuk menjadi khalifah atau pemimpin di bumi. Hakekat keindahan adalah rasa senang dan bahagia, yakni bahwa tidak ada sesuatupun ciptaan Tuhan yang menyamai keberadaan manusia yang mampu mendatangkan kesenangan dan kebahagiaan dimanapun dan pada saat apapun, baik bagi dirinya maupun makhluk lain.
Diri manusia memang indah dilihat dari segi manapun, karena seburuk – buruknya manusia jauh lebih baik daripada seekor binatang yang paling cantik sekalipun. Indah disini dimaksudkan dari segi maknannya. Demikianlah kiranya seluruh piranti dan kelengkapan yang ada pada diri manusia.
Predikat paling tinggi mengisyaratkan bahwa tidak ada makhluk lain yang dapat mengatasi dan mengalahkan manusia, justru manusialah yang diberi kemungkinan untuk menguasai makhluk lainnya. Ajaran agama menyebutkan bahwa manusia diciptakan untuk menjadi khalifah atau pemimpin dibumi, Nabi Adam adalah manusia pertama telah diberi bekal untuk mengenal dan menguasai dunia, dan segera setelah dirturunkan kebumi ia (dan istrinya – Hawa) mewujudkan kemampuan menguasai dunianya dengan kodrat kemanusiannnya, selanjutnya mereka beranak pinak, menurunkan anak keturunan dari generasi ke generasi sampai sekarang dan yang akan datang.
Dari kajian antropologi kita mengetahui bahwa kelompok – kelompok manusia yang paling primitifpun telah berusaha dan mampu mengatasi dan menguasai lingkungannya. Bahkan mereka memanfaatkan lingkungan yang sebesar – besarnya, sesuai dengan tingkat kemampuan mereka , untuk mengembangkan kebudayaan mereka. Manusia yang paling primitive itupun adalah manusia yang berbudaya.
Hakikat manusia sebagai makhluk paling indah dan paling tinggi derajatnya mendorong manusia untuk terus maju dan berkembang tanpa henti , dari zaman ke zaman. Menurut sejarah, kemajuan perkembangan manusia itu ternyata tidak selalu mulus dan setiap saat membawa kesenangan dan kebahagiaan. Perang dan persengketaan antar kelompok manusia bahkan sering terjadi yang membawa malapetaka dan kesengsaraan bagi kelompok – kelompok manusia yang bersangkutan., hal ini terjadi karena keluasan dan keluwesan fungsi – fungsi mental fisik kelompok manusia yang bersangkutan dipacu sedemikian rupa sehingga melewati batas dan memangkas akar akar keindahan sebagai jati diri yang hakiki kemanusiaan. Kedua kelompok menderita. Lebih jauh upaya – upaya melampaui batas sering kali dilakukan dengan cara – cara yang keji dan diluar batas perikemanusiaan.
Keberadaan Manusia dengan predikat paling indah dan derajat paling tinggi itu tidak selamanya membawa manusia menjalani kehidupannya dengan kesenangan dan kebahagiaan, karena itu kesenangan dan kebahagiaan  atau malapetaka – kesengsaraan berada ditangan manusia itu sendiri, manusia itulah yang menentukan nasibnya sendiri…

Disadur dari : Prayitno, H Prof. 2004. DASAR DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING. Jakarta. Rineka Cipta.

Makalah Ilmu Administrasi


A.    Pengertian Administrasi
Administrasi didefenisikan oleh banyak para ahli, karena memang istilah administrasi mempunyai berbagai macam pengertian di Indonesia saja. The Liang Gie telah berhasil mengumpulkan lebih dari mepat puluh lima defenisi administrasi kemudian ia mengelompokkan kedalam tiga kategori defenisi administrasi, yakni :
a.       Administrasi dalam pengertian proses atau kegiatan
Menurut Sondang P. Siangan Administrasi adalah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah dibentukan.
b.      Administrasi dalam pengertian tata usaha
Menurut munawardi Reksohadiprowiro “dalam arti sempi” administrasi berarti tata usaha yang mencakup setiap pengaturan yang rapid an sistematis serta penentuan fakta-fakta serta tertulis dengan tujuan memperoleh pandangan yang menyeluruh serta hubungan timbale balik antara satu fakta dengan fakta lainnya.
c.       Administrasi dalam pengertian pemerintah
Menurut Wijana, administrasi adalah “Rangkaian semua organ-organ Negara rendah dan tinggi yang bertugas menjalankan pemerintahan pelakanaan dan kepolisian
Pengertian administrasi juga di defenisika oleh para ahli dan negeri diantaranya :
1.      Leonard D. White (1958) Administrasi adalah suatu proses yang umum dalam semua usaha-usaha suatu kelompok baik dalam usaha umum atau pribadi.
2.      Wiliaw H. Newman (1963) Administrasi adalah pembimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha-usaha suatu kelompok individu kearah pencapaian tujuan bersama.

B.     Unsur-Unsur Administrasi
Kegiatan yang bersifat kerja sama mencakup bidang yang sangat luas dimana saja kerja sama selalu melekat pada kegiatan manusia menurut The Liang Gie yang disebut administrasi adalah ; “Segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu”. Dari defenisi The Liang Gie tersebut kita mendapat tiga unsur administrasi yang terdiri dari :
  1. Kegiatan melibatkan dua orang atau lebih
  2. Kegiatan dilakukan secara bersama-sama
  3. Ada tujuan tertentu yang hendak dicapai.
Tiga unsur tersebut berkaitan erat satu sama lain dan terpadu. Jika salah satunya tidak ada maka kegiatan tersebut tidak dapat disebut sebagai administrasi.
C.    Hubungan Antar Makna dan Defenisi Administrasi
Sekalipun dengan susunan kata-kata yang berlainan namun semua defenisi tersebut diatas mempunyai inti yang sama yaitu memandang administrasi sebagai suatu jenis kegiatan, aktivitas pekerjaan perbuatan, tindakan ataupun usaha. Tetapi kegiatan yang dilakukan tidak hanya satu macam melainkan merupakan suatu rangkaian kegiatan.
Jadi, sesungguhnya administrasi dapat dipandang sebagai suatu rangkaian, tetapi juga dapat dipandang sebagai proses pemikiran. Begitu luasnya bidang yang dicakup oleh istilah administrasi, sehingga Robert prestus sampai-sampai mengungkapkan bahwa-bahwa cakupan ilmu-ilmu sosial lainnya karena kerja sama dalam setiap aspek kehidupan. 

D.    Cabang-Cabang Ilmu Administrasi
Secara umum ilmu administrasi dibagi dalam dua cabang besar yakni : adminitrasi Negara dan administrasi niaga perbedaan antara dua cabang ilmu ini terletak pada fokus pembahasan atau objek studi.
The Liang Gie menyebutkan delapan cabang ke ilmuan berasal dari rumpun ilmu administrasi cabang-cabang yang dimaksud adalah :
1.      Ilmu Organisasi
2.      Ilmu Manajemen
3.      Ilmu Tata Hubungan
4.      Ilmu Administrasi Kepegawaian
5.      Ilmu Administrasi Keuangan
6.      Ilmu Administrasi Perbekalan
7.      Ilmu Administrasi Perkantoran
8.      Ilmu Hubungan Masyarakat

E.     Perkembangan Administrasi
Teguhnya kedudukan administrasi Negara dalam kehidupan masyarakat modern tak bias dilepaskan dari faktor kesejarahan apa yang dicapai administrasi sekarang merupakan hasil dari rangkaian perjalan yang panjang administrasi modern penuh dengan usaha untuk lebih menekan jabatan publik agar mempersembahkan segala kegiatannya untuk mewujudkan kemakmuran dan melayani kepentingan umum.
Pentingnya administrasi dikaitkan dengan kenyataan bahwa kehidupan menjadi tak bermakna kecuali dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat public seiring perkembangan administrasi dipandang sebagai motor penggerak pembangunan serta bisa membantu memberikan keterampilan dalam bidang prosedur, teknik dan mekanik serta administrasi memberikan bakal ilmiah dalam melakukan evaluasi terhadap segala kegiatan.
Administrasi sebagai salah satu bagian dari Ilmu pengetahuan yang membahas masalah masalah sosial berada pada sebuah sistem terbuka yang mempelajari proses kerja sama. Sebagai Ilmu Administrasi merupakan sebuah system terbuka yang berkembang melalui tahap tahap yang pada setiap tahapnya mencitakan pengetahuan baru yang berangkat dari permasalahan yang dihadapi.
Ilmu Administrasi bukan hanya masalah ketatausahaan pada suatu organisasi saja, tetapi juga mencakup pengaturan tatanan kehidupan modern serta mentalitas bangsa. Administrasi mempunyai peranan dalam pengembangan dan perumusan kebijakan organisasi dengan mengedepankan objektifitas, moral bangsa, sebagai satu satunya jalan untuk mempelajari dan mengembangkan pengetahuan yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang dihadapi manusia.
Tata usaha sudah dilaksanakan pada sama kuno sewaktu orang yang bisa nulis huruf sampai dewasa ini. Tata usaha yang sering disebut juga pekerjaan tulis pekerjaan kantor, atau pekerjaan kertas telah berkembang sangat luas dalam beberapa puluh tahun terakhir ini.
Tata usaha yang demikian meluas itu sebabkan oleh berbagai faktor dalam dunia modern ini seperti misalnya pertambahan penduduk . Perluasan pendidikan kemajuan teknologi. Perkembangan badan-badan usaha yang bercorak ketata usahaan (umpamanya perusahaan bank, iklan dan penerbitan), dan karena ketentuan ketentuan dari pemerintah yang masyarakat bukti-bukti tertulis umpamanya  surat keterangan, kartu penduduk, dan salinan macam-macam dokumen. Maupun karena meluasnya pelaksanaan aktivitas-aktivitas administrasi lainnya seperti misalnya dalam hal pembuatan bagan organisasi, penyusunan rencana, penyampaian instruksi, pengangkatan pegawai, pertanggung jawaban keuangan, penginventarisan barang perbekalan dan penyebaran sirkuler perkenalan.
Pengajaran perkantoran di Amerika Serikat perkembangan ilmu administrasi perkontaran memperoleh kelanjutannya dalam dunia pendidikan dan pengajaran.

F.     Peranan Administrasi
Administrasi amat erat hubungan dengan kegiatan-kegiatan pemberian jasa dan barang yang bersifat publik dalam hal pelaksanaan dan pemberian pelaksanaan kepada umum sedapat mungkin kedua fungsi dasar ini dilaksanakan oleh administrasi Negara secara efektif, efesien dan selaras sesuai dengan keinginan serta kebutuhan rakyat.
Peranan Administrasi diantaranya :
1.      Untuk mengembangkan lingkungan yang mampu mendorong munculnya insiatik perseorangan dan berlakunya control sosial dan kontruktif.
2.       Meningkatkan kemampuan dalam membuat deferminasi kebijakan public yang lebih berdaya guna agar kegiatan pemerintahan dapat diselenggarakan produktif, praktis serta selalu memperimbangkan ukuran ekonomis. 
DAFTAR PUSTAKA

Poerwanto. 2006. New Business Administration. Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Mufiz, ali. 2009. 2004. Pengantar Ilmu Administrasi Negara Edisi I. Universitas Terbuka. Jakarta